PROSES RISET PEMASARAN
Suatu riset pemasaran yang efektif dibutuhkan 5 langkah
agar diperoleh data yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Kelima langkah
tersebut adalah :
- Langkah pertama, mendefinisikan masalah dan tujuan riset.
Dalam hal
ini manager pemasaran dan peneliti pemasaran untuk mendefinisikan masalah
dengan hati-hati dan menentukan tujuan dari riset ini. Management harus
mengarahkan agar jangan sampai masalah menjadi luas atau terlalu sempit.
- Langkah kedua, mengembangkan rencana riset.
Periset
pemasaran mengharuskan pengembangan rencana yang paling efisien untuk
mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran harus mengetahui
biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya sebelum
menyetujui.
- Langkah ketiga, mengumpulkan informasi.
Pada
tahapan ini umumnya merupakan tahap yang paling mahal dan paling sering terjadi
kesalahan. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kesabaran untuk
mendapatkan data informasi yang akurat.
- Langkah keempat, menganalisa informasi.
Semua
informasi yang didapat perlu disaring sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari
riset ini. Perhitungan dan analisa akan data yang telah diperoleh akan
menentukan langkah yang diambil selanjutnya.
- Langkah kelima, menyajikan hasil temuan.
Pada hasil
temuan yang akan disajikan sebaiknya jangan terlalu banyak angka-angka dan
teknik statistik dimana nantinya akan membingungkan para pengambil keputusan
melainkan pada hal-hal yang bermanfaat saja.
(prinsip – prinsip pemasaran, kotler dan Armstrong, jilid 1
edisi 8, penerbit Erlangga)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar