1. Ketujuh
kesenjangan yang telah di bahas minggu kemarin, coba jelaskan menurut anda,
apakah yang dapat dilakukan tenaga pemasaran jasa untuk mencegah masing –
masing kesenjangan itu?
a. Kesenjangan
pengetahuan :
Adalah perbedaan antara apa yang
diyakini penyedia jasa terhadap kebutuhan dan harapan pelanggan.
·
Cara pencegahannya :
Disini pihak penyedia jasa harus tau apa
yang di inginkan dan diperoleh oleh pelanggan agar jasa yang dilakukan dapat
memuaskan pelanggan. Misalnya dalam jasa salon. Di sini capster harus bertanya
dahulu kepada konsumen saat potong rambut. Apa ingin di cuci terlebih dahulu
atau tidak.
b. Kesenjangan
standar :
Adalah
perbedaan antara persepsi manajemen terhadap harapan pelanggan dengan
standar kualitas yang ditetapkan.
·
Cara pencegahannya :
Di sini penyedia jasa harus memberikan
kepuasan kepada pelanggan sesuai standar kualitas yang telah ada. Misalnya
dalam jasa salon disini pihak salon harus memberikan standar jasa penysalonan
yang sudah menjadi standar perusahaan jasa salon.
c. Kesenjangan
penyerahan :
Adalah perbedaan antara standar penyerahan
yang ditentukan dan kinerja penyedia jasa sesungguhnya.
·
Cara pencegahannya :
Disini adalah kesenjangan yang lebih
harus di perhatikan karena pelayanan terhadap suatu penggunaan jasa sangatlah
berdampak sekali terhadap pemberian jasa.
d. Kesenjangan
persepsi :
Adalah perbedaan antara apa yang benar-benar
diserahkan dan apa yang dianggap telah diterima pelanggan.
·
Cara pencegahannya :
Pada kesenjangan ini adalah nilai
kepuasan terhadap pelanggan, apakah pelanggan setelah menerima pelayanan jasa
apa puas atau tidak. Disini nilai ukur kesuksesan suatu pemasaran jasa. Bila
terjadi nilai kepuasan konsumen tersebut akan berubah menjadi pelanggan dan
mungkin akan mengajak banyak orang untuk menggunakan jasa itu lagi.
e. Kesenjangan
interprestasi :
Adalah perbedaan antara apa yang
sesungguhnya dijadikan dalam upaya komunikasi.
·
Cara pencegahannya :
Disini penyedia jasa harus dapat
berkomuniksi dan dapat berinteraksi dengan pelanggan agar pelanggan dapat
menerima komunikasi tersebut dengan maksud yang benar.
f. Kesenjangan
jasa :
Adalah perbedaan yang diharapkan
pelanggan.
·
Cara pencegahannya :
Misalnya dalam jasa salon pelanggan
pastinya ingin mempercantik diri saat keluar
dari sebuah salon. Disini penyedia jasa harus bisa membuat perbedaan
atau perubhan fisik dari pelanggan tersebut.
2. Faktor
– faktor apa saja yang mempengaruhi harapan akan jasa, coba jelaskan dengan
rinci dan jelas ?
![]() |
![]() |
||
















a. Kebutuhan
pribadi
Kebutuhan setiap individu berbeda beda
satu dengan lainnya ini mengakibatkan harapan akan jasa yang digunakan pun
berbeda pula juga.
Contohnya saat di salon ada orang yang
ingin di cuci rambutnya terlebih dahulu sebelum di potong dan ada juga yang
tidak mau di cuci sebelum di potong.
b. Keyakinan
tentang apa yang mungkin
Keyakinan atau persepsi setiap individu
berbeda beda.
Contohnya seperti disalon mengapa ada
orang yang tidak ingin dicuci rambutnya sebelum di potong mungkin takut dengan
penggunaan shampoo yang tidak sesuai dengan jenis rambut kita atau mungkin
dengan biaya yang mungkin lebih mahal di banding langsung memotong rambut tampa
di cuci dahulu.
c. Perubahan
jasa yang dipahami
Pada keadaan ini perubahan jasa yang dipahami misalnya
saat kita berpakaian standard an tidak menarik ke salon mungkin petugas salon
menganggap kitra tidak mampu membayar perawatan kecantikan yang ada diu salon,
biasanya ini di akibatkan oleh pemahaman kita bahwa orang kaya pasti
berpenampilan serba wah…
d. Faktor
– faktor situasi
Harapan akan jasa yang di inginkan dapat
di pengaruhi dari faktor situasi disini keadaan sangat berdampak pada harapan
jasa. Misalnya saat kita jenuh dan lelah kita memilih salon untuk menghibur
hati kita tetapi di salon ke adaannya bising dan berisik membuat kita menjadi
tidak nyaman. Secara tidak langsung pasti kita tidak akan mendatangi salon
tersebut lagi.
e. Jasa
yang diinginkan
Adalah keinginan atau harapan dari
kebutuhan pribadi dan keyakinan tentang apa yang mungkin terjadi dan berdasarkan janji – janji jasa yang eksplisit dan implicit cerita dari
mulu ke mulut dan pengalaman sebelumnya baik pengalaman orang lain maupun
pengalaman kita sendiri.
f. Zona
toleransi
Adalah keadaan di mana adanya toleransi
antara jasa yang diinginkan dengan jasa yang memadai.
g. Jasa
yang memadai
Adalah hasil dari perubahan jasa yang
dipahami dengan faktor – faktor situasi dengan jasa yang diperkirakan.
h. Janji
– janji jasa yang eksplisit dan inplisit cerita dari mulut ke mulut pengalaman
sebelumnya
Di sini adalah pola pemikiran dari
pengalaman orang lain maupun pengalaman diri sendiri yang menghasilkan harapan
positif atau negative.
i.
Jasa yang di perkirakan
Adalah jasa yang diinginkan oleh
pelanggan untuk memuaskan harapan akan jasa yang pelanggan inginkan.
PokerStars India | The best online casino and entertainment
BalasHapusIn partnership with PokerStars India, the brand provides new and old games to online casinos in 메리트 카지노 주소 India. 온카지노 The platform offers the widest variety of 제왕 카지노 games,