TUGAS 13 SOFTSKILL
MANAJEMEN PENJUALAN
SEMESTER IV
MATERI : FUNGSI
DAN KEGUNAAN RANCANGAN
PENJUALAN
REFERENSI : http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=1338
UNIVERSITAS GUNADARMA
D3 BISNIS KEWIRAUSAHAAN
MANAJEMEN PEMASARAN 2010/2011
Pendahuluan
- Latar
Belakang Masalah
Mengulas aspek tentang struktur penjualan.
- Tujuan
Penulisan
Memaparkan secara detail
tentang kesulitan penjualan personal.
- Metode
Penelitian
Jenis-Jenis
Metode Penelitian :
Studi Pustaka : Semua bahan diperoleh
dari buku-buku atau jurnal dan media internet.
BAB Il ISI................... .....................................................................................
BAB III PENUTUP........................................................................................................
BAB II
Isi
Jelaskan
struktur penjualan?
2.1.7
Proses Penjualan
Menurut Basu Swastha dalam buku “Manajemen
Penjualan” menyebutkan beberapa tahapan penjualan, yaitu:
“1. Persiapan Sebelum Penjualan
2.
Penentuan Lokasi Pembeli Potensial
3.
Pendekatan Pendahuluan
4.
Melakukan Penjualan
5. Pelayanan Sesudah Penjualan”.
(2005;410)
Menurut pengertian diatas
dapat diuraikan sebagai berikut:
- Persiapan Sebelum Penjualan
Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah mempersiapkan
tenaga penjual dengan memberikan pengertian tentang barang yang dijualnya,
pasar yang di tuju, dan teknik-teknik penjualan yang harus dilakukan.
- Penentuan Lokasi Pembeli Potensial
Dari lokasi ini dapatlah dibuat sebuah daftar tentang
orang-orang atau perusahaan yang secara logis merupakan pembeli potensial dari
produk yang ditawarkan.
- Pendekatan Pendahuluan
Berbagai macam informasi perlu dikumpulkan
untuk mendukung penawaran produknya kepada pembeli, misalnya tentang kebiasaan
pembeli, kesukaan, dan sebagainya. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai
pendekatan pendahuluan terhadap pasarnya.
- Melakukan Penjualan
Penjualan dilakukan bermula dari suatu usaha untuk memikat
perhatian calon pembeli, kemudian diusahakan untuk menarik daya tarik mereka.
Dan akhirnya penjual melakukan penjualan produknya kepada pembeli.
5.
Pelayanan Sesudah Penjualan
Dalam tahap akhir ini penjual harus
berusaha mengatasi berbagai macam keluhan atau tanggapan yang kurang baik dari
pembeli. Pelayanan penjualan ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepada
pembeli bahwa keputusan yang diambilnya tepat dan barang yang dibelinya
betul-betul bermanfaat.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tahapan
proses penjualan bermula dari persiapan sebelum penjualan, penentuan lokasi pembeli
potensial, pendekatan pendahuluan, melakukan penjualan, dan berakhir pada
pelayanan sesudah penjualan.
2.2 Struktur Pengendalian
Intern
Pengendalian intern meliputi struktur
organisasi metode, ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan
organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi serta mendorong
efisiensi dan dipatuhinya kebijakan manajemen. Definisi pengendalian intern
akan menekan pada tujuan yang hendak dicapai dan bukan pada unsur-unsur yang
membentuk sistem tetapi untuk mengamankan harta perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar