TUGAS 10 SOFTSKILL
MANAJEMEN PENJUALAN
SEMESTER IV
MATERI : FUNGSI
DAN KEGUNAAN PENJUALAN PERSONAL
UNIVERSITAS GUNADARMA
D3 BISNIS KEWIRAUSAHAAN
MANAJEMEN PEMASARAN 2010/2011
Pendahuluan
- Latar
Belakang Masalah
Mengulas aspek tentang kesulitan atau kelemahan dalam penjualan
personal.
- Tujuan
Penulisan
Memaparkan secara detail
tentang kesulitan penjualan personal.
- Metode
Penelitian
Jenis-Jenis
Metode Penelitian :
Studi Pustaka : Semua bahan diperoleh
dari buku-buku atau jurnal dan media internet.
BAB Il ISI................... .....................................................................................
BAB III PENUTUP........................................................................................................
BAB II
Isi
Apa
kesulitan atau kelemahan dalam penjualan personal?
Menurut
Djaslim H Saladin (1994) kegiatan personal selling adalah salah satu unsur
promosi yang digunakan oleh perusahaan, dengan menggunakan personal selling
dapat diharapkan akan dapat meningkatkan volume penjualan dan jumlah pelanggan.
Tetapi akan kita ketahui keuntungan dan kelemahan yang ada dalam personal
selling oleh karena itu penyusun ingin mengetengahkan keuntungan dan
kelemahannya.
Keuntungan
dalam peranannya adalah:
- 1. Langsung berhadapan dengan pembeli.
- 2. Dapat mencari dan memilih pembeli yang potensial.
- 3. Dapat memilih gaya dan daya tarik yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.
- 4. Dapat memberikan contoh dan mendemonstrasikan produk secara langsung.
- 5. Dapat memberikan penjelasan kepada calon pembeli.
Disisi lain,
selain kebaikan dan keuntungan dari personal selling terdapat pula
kelemahan-kelemahan yaitu:
- 1. Biaya yang relatif tinggi bila dibandingkan dengan alat promosi lainnya.
- 2. Terbatasnya jumlah calon pembeli yang dapat dihubungi pada suatu tempat dalam waktu yang bersamaan.
Analisa Data
Menggunakan Metode Statistik
Dalam
makalah ini untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dari data-data
yang diperoleh penulis yaitu variabel X merupakan sebagai biaya personal
selling sedangkan variabel Y merupakan volume penjualan dan dapat
diperhitungkan atau diketahui dengan menggunakan teori statistik yaitu
menggunakan regresi linier, koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
- 1. Analisa Regresi Linier
|
Tujuannya
adalah untuk memperoleh suatu persamaan yang menunjukkan persamaan hubungan
antara dua variabel dan digunakan juga untuk menafsir atau meramalkan suatu
variabel yang independent. Adapun rumus persamaan regresi menurut Walpole
(1993).
Y = a + b(x)
Dimana:
Y
= Variabel Independent
a
= Bilangan Konstanta
b
= Koefisien searah, untuk mengukur besarnya pengaruh dari X
terhadapY secara kuantitatif
N
= Banyaknya observasi
Untuk
mendapatkan nilai a dan b dapat digunakan rumus sebagai berikut:
a =
b =
Dari
persamaan diatas digunakan untuk meramal volume penjualan dimasa yang akan
datang, dimana a dan b adalah kegiatan, jika perusahaan tidak meningkatkan
biaya personal selling (x = 0) maka volume penjualan akan menurun, tetapi jika
biaya personal selling dinaikkan maka volume penjualan akan bertambah dan meningkatkan
penjualan.
BAB III
Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar