TUGAS 15
Matakuliah : Kewirausahaan
Materi : ide peluang dalam berwirausaha dan strategi
Memasuki
usaha baru
Dosen : Bapak Herry Susanto
Kutipan :
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI 2010/2011
JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN
Pendahuluan
- Latar
Belakang Masalah
Mengulas aspek tentang kewirausahaan.
- Tujuan
Penulisan
Memaparkan secara detail
tentang ide dan peluang dalam berwirausaha dan strategi memasuki usaha baru.
- Metode
Penelitian
Jenis-Jenis
Metode Penelitian :
Studi Pustaka : Semua bahan
diperoleh dari buku-buku atau jurnal dan media internet.
BAB Il ISI.................. .....................................................................................
BAB III
PENUTUP.............................................................................................
-
kesimpulan
Isi.
Apa ide dan
peluang dalam berwirausaha dan strategi memasuki usaha baru?
Proses
penjaringan ide disebut screening yang merupakan suatu cara terbaik
untuk menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil. Adapun
langkah-langkah dalam penjaringan ide (screening) ide dapat dilakukan
dengan cara Menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang,
analisis produk dan proses produksi secara mendalam, menaksi biaya awal, dan
memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.
Menciptakan Produk Baru dan Berbeda
Produk dan
jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha
harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.
Ada dua
unsur pasar yang perlu diperhatikan:
- Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
- Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa
Kemampuan
untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk
menganalisis pasar, yang meliputi aspek:
- Analisis demografi pasar
- Analisis serta tingkah laku pesaing
- Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang
Mengamati Pintu Peluang
Wirausaha
harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:
- Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru
- Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
- Dukungan keuangan
- Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar
Kemampuan
pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati
kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
Pintu
peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):
- Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat
- Kerugian teknik harus rendah
- Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
- Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih
- Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
- Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar